Bank Jateng Turunkan Bunga Kredit di Bawah 10%

Kabar gembira bagi rekan Рrekan UMKM di Jawa Tengah, seperti yang diberitakan oleh detik.com bahwa Bank Jateng Turunkan Bunga Kredit di Bawah 10%. Hal ini tentu nya akan mendorong pertumbuhan UMKM di daerah jawa tengah. Dengan gerakan suku bunga rendah (Subure), nasabah lama yang biasanya membayar suku bunga kredit  11,5% kini bunga kredit turun sampai 9,95%.

Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno mengatakan penurunan suku bunga tersebut merupakan dukungan terhadap program pemerintah untuk menurunkan suku bunga pinjaman di bawah 10%.

“Ini sebagai salah satu peran Bank Jateng mempercepat pertumbuhan ekonomi, khususnya UMKM agar lebih mampu memperkuat basdis usahanya,” kata Supriyatno.

Nasabah yang mendapatkan penurunan suku bungan menjadi single digit tersebut yaitu yang memiliki usaha lebih dari 5 tahun dan dengan kredit maksimum di bawah Rp 5 miliar. Setidaknya ada 100 nasabah yang langsung diturunkan bunga pembayarannya setelah soft launching gerakan Subure yang digelar di kantor Gubernur Jateng hari Jumat (7/10) kemarin.

“Penurunan suku bunga untuk kredit usaha produktif dari minimal 11,50% menjadi 9,95% untuk segmen UMKM dengan maksimum kredit di bawah Rp 5 miliar. Bahkan untuk nasabah tertentu diberikan bungan 9,45%,” terangnya.

Supriyatno menjelaskan, pendapatan Bank Jateng memang mengalami penurunan dengan gerakan tersebut. Namun hal itu merupakan bentuk Bank Jateng untuk andil dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi.

“Pendapatan kami memang menurun, tapi dengan bunga ini UMKM bisa memperkuat basis usahanya. Mengurangi jumlah pengangguran,” tandasnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan dengan adanya gerakan Subure, maka program pemerintah untuk menurunkan suku bunga di bawah 10% dimulai di Jawa Tengah. Ganjar memberikan apresiasi dan berharap perekonomian Jateng semakin meningkat karena sampai saat ini pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah 5,7% lebih tinggi dibanding nasional yang hanya 5,18%.

“Program Subure memang diprioritaskan untuk nasabah kecil dan UMKM. Mereka ini yang harus dibantu dalam hal perkreditan,” tandas Ganjar.

Nah, bagaimana menurut rekan rekan UMKM sekalian, berita yang dilansir dari detik.com sangat menarik bukan ??

Ayo segera selesaikan perijinan dan administrasi dengan pemerintahan, karena dengan ada nya legalitas dari pemerintah tentu saja akan memberikan kemudahan bagi rekan rekan UMKM. Tidak hanya untuk mengajukan kredit tetapi bisa mendapat dukungan dari pemerintah.

Foto: Rachman Haryanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *