Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak

Khusus bagi pelaku UMKM yang menggunakan BBM atau bahan bakar minyak untuk proses produksi, berikut beberapa tips Bagaimana Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak.

Bahan Bakar minyak biasa nya menjadi bahan baku utama dalam proses produksi, baik di lingkungan UMKM ataupun industri besar. Namun, harga BBM yang tidak menentu dan cenderung mengalami kenaikan membuat biaya produksi meningkat dan berdampak pada naik nya harga jual.

Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak
Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak

Pemerintah pada dasarnya mendukung penuh pertumbuhan UMKM di Indonesia, akan tetapi kenaikan BBM tidak bisa dihindarkan. Dari tahun 2015 pemerintah sudah beberapa kali menaikan harga BBM. Sebagai pelaku UMKM tentu nya tidak ingin kenaikan harga BBM menyurutkan semangat.

Oleh karena itu, berikut tips dan trik untuk menghemat penggunaan BBM agar tidak berdampak pada proses produksi.

1.Buat Bisnis Proses Yang Jelas

Dengan ada nya bisnis proses yang jelas, tentu nya akan mengurangi penggunaan bahan bakar minyak yang percuma. Contoh, jika menggunakan minyak goreng dalam proses produksi, lebih baik menjaga minyak tetap panas dari pada harus mematikan dan memanaskan kembali jika akan digunakan untuk proses produksi.

2.Pintar memilih peralatan memasak

Memilih peralatan memasak sangat kruisal, karena harganya yang tidak murah dan diharapkan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Dalam kaitanya dengan Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak, pemilihan peralatan masak dianjurkan yang mampu menghantar panas dengan cepat. Beberapa literatur menganjurkan penggunaan peralatan masak dari bahan stainless stell karena lebih cepat menghantar panas dan tahan lama. Namun jika memerlukan peralatan memasak yang dapat menyimpan panas lebih lama, dapat memilih peralatan memasak dari bahan besi.

3.Tidak menyimpan BBM di dalam tempat yang dingin dan lembab

Hal ini mungkin tidak terlalu signifikan, tetapi sedikit membatu untuk menghemat penggunaan BBM. Pasalnya, molekul BBM akan mengecil jika ditempatkan di suhu yang dingin, dan menyebabkan volume BBM berkurang.

4. Membeli BBM dari penyalur resmi

Membeli BBM dari penyalur resmi selain harga nya lebih murah akan menghindarkan rekan – rekan UMKM dari pemalsuan. Contoh beberapa waktu lalu ditemukan pengecer Gas 3kg yang ternyata menjual gas tidak sampe 3kg, hal ini tentu nya akan merugikan rekan – rekan UMKM.

Demikian beberapa tips dari rumahumkm.co.id untuk rekan Рrekan UMKM, agar dapat mengoptimalkan biaya produksi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *