Membuka Usaha Tanpa Modal

Membuka Usaha Tanpa Modal ? Sepertinya sesuatu yang mustahil. Mungkin itulah yang terpikirkan oleh rekan – rekan sekalian, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar hal tersebut menjadi kenyataan.

Setiap orang yang ingin membuka sebuah usaha baik di bidang jasa atau barang, pasti hal yang pertama yang dipikirkan adalah masalah modal. Sebagian orang yang ingin memiliki usahanya sendiri namun tidak mampu melakukannya, karena tidak mempunyai uang yang cukup sebagaiĀ  modal awal.

Usaha tanpa Modal

Berikut beberapa tips untuk rekan – rekan UMKM agar dapat memulai usaha dengan modal yang minimal atau tanpa modal sekalipun :

1. Mulailah Dari Yang Ada.

Biasanya untuk memulai sebuah produksi, beberapa orang cenderung membeli peralatan baru. Hal ini tentu saja akan menjadi beban modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan peralatan yang ada untuk melakukan produksi, namun jika peralatan yang ada tidak mencukupi untuk melakukan produksi, jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli peralatan baru, bisa dengan cara meminjam atau membeli barang bekas untuk menekan biaya. Dari sini bisa kita pahami bahwa untuk melakukan produsi tidak selalu harus membeli peralatan baru, tentu nya Membuka Usaha Tanpa Modal sangat bisa dilakukan šŸ˜€ .

2.Pasang Target Yang Realistis.

Sebagai langkah awal, lebih baik memasang target yang realistis agar tidak terjebak oleh pasar. Contoh : Pengusaha Bubuk Coklat kiloan pada awal bulan mendapat order 1kwintal per bulan, dengan alat mixer 10kg sudah bisa menutupi produksi 1kwintal per bulan, karena pemilik usaha optimis dan memasang target 4kwintal per bulan, pengusaha tersebut menambah alat mixer sebanyak 4 buah di bulan kedua ( pembelian dilakukan dari hasil penjualan bulan pertama ). Hal ini tentu saja akan mempengaruhi cash flow yang ada, dan memperberat posisi modal.

3.Menawarkan Kerjasama.

Tips berikutnya adalah menawarkan kerjasama dengan pemilik modal/investor. Biasanya para pemula dunia UMKM yang memiliki gairah dan ide untuk membuka suatu usaha kesulitan untuk melakukan pinjaman ke BANK karena usaha yang belum mulai atau belum lama berjalan. Oleh karena itu, rekan – rekan UMKM dapat memulai menambah modal dengan menawarkan kerja sama dengan investor, bisa dimulai dari keluarga dekat, dan teman – teman dekat.

4.Bersyukur.

Yang terakhir dari tips Membuka Usaha Tanpa Modal adalah bersyukur. Setiap produksi yang dihasilkan entah sedikit atau banyak, ada baik nya kita selalu bersyukur agar tidak terbawa emosi dan gegabah dalam mengambil keputusan. Tips terakhir ini mungkin yang paling mumpuni untuk setiap keadaan.

 

Dari 4 tips diatas semoga dapat membantu rekan – rekan UMKM dalam memulai usaha dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *