Menkop Puspayoga: Jakarta Inspirasi Pengembangan UKM untuk Daerah Lain

Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menyambangi kantor Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Puspayoga menyatakan kedatangannya sekaligus untuk membicarakan program UKM untuk DKI Jakarta.

Salah satunya soal penggunaan kartu elektronik untuk transaksi UKM. Mantan Wagub Bali ini berniat untuk menjadikan DKI sebagai model penerapan bagi daerah lainnya.

“Ya makanya kita ke sini, yang maju pasti Jakarta lah. Jadi nanti (penataan UKM di Jakarta) ini kita jadikan contoh, kita turun ke sini cari inspirasi untuk daerah-daerah yang lain,” kata dia kepada wartawan.

Hal ini dikatakannya kepada wartawan usai diajak Ahok berkeliling ke ruangan kerja yang pernah ditempati mantan gubernur Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (3/11/2014).

Puspayoga menuturkan pihaknya sudah punya beberapa rencana untuk UMKM di Jakarta. Menurutnya, sebagai Ibukota negara, DKI sudah punya sistematika yang lebih bagus untuk memberdayakan Usaha Kecil dan Menengah.

“Jakarta itu akan menjadi inspirasi untuk pengembangan Koperasi dan UKM di daerah lain. Sudah bagus Jakarta, saya beberapa kali turun, sudah bagus, banyak program-program Pemda itu yang akan segera diluncurkan, contohnya yang (penataan UKM di lapangan IRTI) di Monas kan ya,” jelasnya.

“Kita ini kan baru pendataan koperasi, jumlah koperasi kan banyak nih 200 ribu lebih, harus didata dulu, artinya tertib admin dulu lah untuk kita melangkah ke depan, kalau enggak tahu berapa jumlah yang benar kan enggak bisa,” pungkasnya saat ditanya bagaimana program yang ingin dia terapkan untuk Jakarta.

sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *