Strategi Pemasaran Awal untuk UMKM (1)

Dalam memulai sebuah bisnis, persaingan bisnis sudah pasti ada. Untuk itulah para pelaku bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang jitu dan efektif untuk bisa menerobos ketatnya persaingan. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran awal untuk para pelaku UMKM yang ingin memasarkan produk nya ke masyarakat.

1. Pelajari Banyaknya Kompetitor Anda

Tentu nya sebelum memulai memasarkan sebuah produk, kita terlebih dahulu mempelajari produk – produk dari kompetitor. Tidak ada hal lain yang lebih sulit dan juga lebih mudah selain mencoba untuk mendalami dan mengetahui lebih dalam mengenai kompetitor yang menjadi saingan dalam berbisnis. Mengetahui disini artinya mengetahui apa kelebihan dan kelemahan kompetitor tersebut. Dengan mengetahui apa yang menjadi kelebihan dari kompetitor tersebut maka kita bisa mencontohnya, dan sebaliknya jika kita mengetahui kelemahan kompetitor tersebut maka bisa menjadi senjata kita untuk merencanakan strategi pemasaran yang efektif.

2. Pelajari Kelebihan dan Kekurangan Produk Anda

Hal yang biasa dilewatkan oleh UMKM adalah tidak mengerti tentang kelebihan dan kekurangan produk nya sendiri, pelaku UMKM hanya fokus untuk melakukan pemasaran yang semaksimal mungkin dengan tidak memperhitungkan biaya pemasaran itu sendiri dan dengan harapan produk akan terjual semaksimal mungkin. Dengan membandingkan Kelebihan dan Kekurangan produk kita dan kompetitor, tentu nya kita dapat merancang strategi yang efektif dan dengan biaya yang seminimal mungkin dan sesuai sasaran pasar.

3. Perkuat Nama Brand Bisnis

Banyak produsen UMKM yang tidak aware mengenai brand sebuah produk, padahal hal ersebut sangatlah penting untuk langkah pertama di dalam pemasaran sebuag produk. Strategi pemasaran UMKM yang pertama bukan tentang seberapa besar keuntungan yang dapat raih maupun seberapa banyak laba yang bisa kita raih dalam jangka waktu dekat. Namun, yang penting disini adalah seberapa besar brand dan kekuatan produk yang sedang kita jalankan sehingga dapat berpotensi untuk menghasilkan penghasilan dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, perlu dipirkan secara matang mengenai brand produk sebelum memasarkan sebuah produk.

4. Mulailah Dengan Hal Kecil

Dapat dimengerti bahwa memulai sebuah bisnis memerlukan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang efektif dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Mulailah dari hal kecil, promosikan produk kita ke kerabat dekat, kemudian ke teman – teman dan tetangga. Jaga komunikasi dengan para konsumen. Mulailah melakukan kegiatan pemasaran ke konsumen yang sudah ada, jika berhasil dan mendapatkan respon positif, barulah melakukan pemasaran ke pasar yang lebih luas.

5. Aktif Dalam Berpromosi

Promosi erat kaitannya dengan penguatan brand produk dan peningkatan nilai dimata para konsumen. Semakin efektif nilai pemasaran dan promosi yang di jalani serta di aplikasikan maka akan semakin besar pula peluang keuntungan yang akan didapatkan.

5. Pelajari Kebiasaan Konsumen

Untuk memberikan pelayanan yang terbaik maka kita perlu untuk mengetahui layanan dan juga kebiasaan dari konsumen dalam membeli produk yang kita jual. Dengan mempelajari kebiasaan dari konsumen dan menyerap hasil transaksi maka secara tidak langsung kita bisa merangkul konsumen menjadi lebih erat lagi agar lagi sehingga lebih loyal dan nyaman. Kondisi seperti itulah yang berpotensi untuk menghasilkan keuntungan lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.

Itulah beberapa strategi pemasaran awal untuk UMKM yang dapat rekan rekan terapkan. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *