Strategi Pemasaran Awal untuk UMKM (2)

Setelah saya jabarkan mengenai langkah – langkah awal pemasaran UMKM pada post sebelum nya, berikut langkah – langkah selanjutnya untuk pemasaran produk atau jasa UMKM.

Untuk skala bisnis kecil seperti UMKM tentunya memiliki strategi pemasaran yang berbeda dengan perusahaan besar. UMKM biasanya memiliki budget pemasaran yang terbatas, sehingga diperlukan kreatifitas untuk menemukan cara yang efektif dalam memasarkan produk atau jasa dengan biaya pemasaran yang rendah atau bahkan tidak memerlukan biaya.

Berikut ini langkah – langkah awal pemasaran UMKM  pemasaran yang efektif :

  1. Dekat dengan pelanggan yang sudah ada dan terus menerus mendapatkan pelanggan yang baru.
    Dalam mengembangkan usaha kecil, harus terus menerus mencari pelanggan baru, sekaligus juga bagaimana membuat suasana yang menyenangkan bagi pelanggan yang sudah ada. Jadilah sahabat pelanggan, layani dengan keramahan, jika tidak mereka akan membicarakan hal negatif mengenai produk kita. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang sudah ada (existing) bisa dilakukan dengan cara memberikan sesuatu secara gratis kepada pelanggan, sebagai imbalan agar mereka tetap mengontak kita, dengan cara ini kita dapat selalu berhubungan dengan pelanggan. Manusia memiliki ingatan terbatas, setelah kita mengadakan kontak awal, sebaiknya kita melakukan follow up kontak secara teratur. Jika dalam sebulan kita tidak melakukan kontak, kemungkinan besar pelanggan akan melupakan produk kita.
  2. Aktif di Media Sosial. Saat ini banyak sekali media sosial yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran sebuah produk. Tentunya kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memasarkan produk kita. Cara yang biasa digunakan adalah meng-upload foto produk sebelum dikirim ke pelanggan, hal ini bermaksud menimbulkan rasa percaya dari calon pembeli, bahwa produk kita banyak pembelinya.
  3. Menyusun “pesan pemasaran” yang tepat saat mempromosikan produk.
    Pesan pemasaran yang tepat sangat penting untuk mendapatkan perhatian dari calon pelanggan, caranya adalah sebagai berikut:
    a) Buatlah pesan pemasaran yang menggambarkan keunikan dan daya tarik produk dan yang membuat calon pelanggan mengontak kita.
    b) Sesuaikan pesan pemasaran dengan masalah yang dihadapi calon pelanggan sehingga mereka akan memperhatikan.
    c) Gunakanlah pesan pemasaran yang cerdas.

Demikian beberapa langkah awal pemasaran produk UMKM. Semoga dapat membantuy rekan rekan UMKM sekalian dalam memasarkan produk dan jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *