Pengertian UMKM ?

Sebelum memulai menjalankan usaha, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang dimana letak klasifikasi usaha kita. Berikut pengertian UMKM yang dirangkum dari berbagai sumber.

Pengertian UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. UMKM diatur berdasarkan UU Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil,dan Menengah. Berikut adalah kutipan dari isi UU 20/2008.

Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini.

Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

pengertian umkm rumahumkm.co.id

Jika dilihat dari sisi modal dan aset yang dimiliki oleh UMKM, maka dapat dibagi menjadi berikut :

Jenss Modal Omset
USAHA MIKRO Maks. 50 Juta Maks. 300 Juta
USAHA KECIL > 50 Juta – 500 Juta > 300 Juta – 2,5 Miliar
USAHA MENENGAH > 500 Juta – 10 Miliar > 2,5 Miliar – 50 Miliar

Demikian penjelasan mengenai pengertian UMKM, saya harap dapat membantu rekan – rekan UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *