Perijinan usaha UMKM

Memiliki sebuah usaha atau bisnis tentu nya harus memiliki ijin yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik pemerintah daerah ataupun pusat. Perijinan usaha UMKM umum nya dikeluarkan oleh pemerintah setingkat kabupaten atau kota, akan tetapi tergantung dari usaha nya, beberapa jenis usaha perlu ada nya ijin dari pemerintah pusat.

perijinan usaha umkm

Disini akan dijelaskan secara umum perijinan usaha umkm yang biasa nya harus dimiliki oleh rekan rekan rumahumkm.co.id sebelum memulai sebuah usaha.

Untuk usaha kecil atau mikro tidak perlu lagi mendapatkan ijin untuk memulai sebuah usaha, cukup mendaftar kan nya saja di tingkat kecamatan. Seperti dilansir dari kompas.com. Menteri Koperasi dan UMKM AA Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, terkait hal itu, pemerintah akan melakukan revisi atas Perpres Nomor 98 Tahun 2014 tentang izin usaha mikro dan kecil.

“Rapat tadi mengenai Perpres Nomor 98 tahun 2014 yang isinya mengenai kewenangan Camat mengeluarkan izin usaha mikro kecil. Sekarang itu diubah, tidak perlu izin lagi, cukup didaftarkan. Daftar dan izin itu beda,” kata Puspayoga di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Dari pernyataan Menteri Koperasi dan UMKM AA Gede Ngurah Puspayoga bahwa untuk memulai usaha mikro dan kecil tidaklah perlu mencari ijin, tetapi cukup mendaftarkan nya saja. Hal ini tentu saja sangat membantu sekali untuk rekan – rekan UMKM yang ingin mememulai sebuah usaha, karena tidak perlu repot lagi untuk mencari ijin.

Namun perlu diingat bahwa jika usaha rekan – rekan berkembang dan tidak termasuk golongan usaha kecil atau mikro maka harus mencari ijin yang sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan.

Beberapa ijin yang harus dimiliki oleh rekan – rekan usaha UMKM, baik mikro, kecil ataupun menengah antara lain :

  1. NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak ).
  2. SIUP ( Surat Ijin Usaha Perdagangan ).
  3. Surat Ijin Gangguan.

Tiga ijin diatas paling tidak harus dimiliki sebelum memulai sebuah usaha. Hendaknya rekan – rekan disiplin secara administratif sebelum memulai usaha agar lebih tenang dan usaha membawa berkah. Dan carilah ijin dengan usaha sendiri ( hindari memakai calo ) karena dapat menambah pengalaman rekan – rekan. Dapatkan ijin sesuai dengan jenis usaha rekan – rekan, tidak kurang dan tidak lebih.

Untuk jenis ijin yang lain sesuai dengan jenis usaha dan diperlukan adalah :

  1. Label Halal MUI.
  2. Nomor PIRT.
  3. Ijin perusahaan TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ).
  4. Ijin BPOM.
  5. Ijin Edar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *